Umum

Bismillah dan Keutamaannya

Dalam kehidupan sehari hari sebagai umat islam atau sebagai seorang muslim tepatnya, membaca kalimat bismillah sudah menjadi seperti sebuah “kewajiban”

Mengapa demikian? karena segala sesuatu yang kita kerjakan jika di awali dengan menyebut nama Allah SWT maka akan bernilai ibadah, nah jika bernilai ibadah maka sudah barang tentu akan mendapatkan pahala.

Selain itu dengan mengucapkan kalimat bismillah pada seluruh aktivitas juga akan mengundang keberkahan dari Allah SWT.

Jika diperhatikan dengan seksama coba kalian lihat di dalam Al-Qur’an pasti pada seluruh awal surahnya terdapat tulisan bismillah, kecuali surah At-Taubah.

Dalam Al-Qur’an jumlah surahnya kan 114 surat , nah pada seluruh surahnya ada bismillahnya, kecuali Surah At-Taubah, namun uniknya taukah kalian jumlah bismillah di dalam Al-Qur’an tetap 114 loh. Kok bisa?, di mana hayo bismillahnya?

Letahnya adalah pada QS. An-Naml : 30 yang berbunyi :

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Artinya : “Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Sekarang yang menjadi pertanyaan Mengapa pada Surah At-Taubah tidak ada bismillahnya?

Jawabannya adalah, karena pada Surah At-Taubah tuh menjelaskan tentang seruan perang, nah nggak mungkin kan kalo perang di landasi dengan kasih sayang.

Sedangkan makna bismillah sendiri adalah kasih sayang.

Keutamaan Membaca Bismillah

Dilansir dari maunah.id berikut merupakan keutamaan membaca kalimat bismillah berikut dalilnya:

1.Menghapuskan Dosa

Keutamaan yang pertama membaca bismillah adalah menghpuskan dosa

وقالَ صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ ذَرَّةٌ}.

Nabi saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim sekali maka tidak ada tersisa sedikitpun dari dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu.”

2.Dicatat Sebagai Orang Baik

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka namanya akan ditulis sebagai orang-orang yang baik dan terbebas dari kekufuran dan kemunafikan.”

3.Dihindarkan dari Fitnah

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا قُمْتُمْ فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ}.

Nabi saw. bersabda, “Jika kalian berdiri maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh manusia jika akan memfitnah kalian, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan itu.”

4.Dicatat 400 Kebaikan

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah ta’ala (Yang Maha Luhur) memerintahkan malaikat yang mulia pencatat amal untuk mencatat di buku catatannya empat ratus kebaikan.”

5.Mencegah dari Perbuatan yang Tidak Berfaedah

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذالكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ}

Nabi saw. bersabda, “Jika kalian duduk di suatu tempat, maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam, maka sungguh siapa yang melakukan itu, Allah akan mewakilkan dengannya seorang malaikat yang akan mencegah mereka (manusia) dari bergosip sampai mereka tidak akan dapat memfitnah kalian.”

Kapan Waktu Membaca Bismillah?

Sebenarnya bisa kapan saja jika ingin membaca kalimat bismillah, kalo bisa pada seluruh kegiatan yan kita lakukan dari pagi hingga sore kita awali dengan bismillah.

Mulai berangkat bekerja, ke sekolah, ke pasar kemanapun selain kamar mandi dan melakukan kebaikan apapun. selalu awali dengan bismillah.

Mungkin itu saja pembahasan kita seputar bismillah dan keutamaannya, semoga informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *