Umum

Camping Ground Di Jawa Tengah

Bagi pencinta kegiatan alam bebas di area Jawa Tengah, pasti bosan rasanya kalau terlalu lama diam di rumah. Butuh asupan angin sepoi-sepoi dan udara sejuk dari pegunungan. Salah satu pilihan menarik untuk berkegiatan di alam bebas yang menyenangkan adalah camping. Kamu bisa bertamasya, bermalam dan menikmati keindahan alam seharian penuh. Namun, di mana tempat camping terbaik di Jawa Tengah? Berikut 10 rekomendasi camping ground di Jawa Tengah yang kami kutip dari laman situs napaktilas.net.

1. Camping Ground Pinus Cunthel, Semarang

Camping ground Pinus Cunthel, Semarang

Bagi kamu yang kangen suasana gunung Merbabu tapi malas muncak, kamu bisa ngecamp cantik di camping ground Pinus Cunthel.

Camping Ground Pinus Cunthel berada di Kopeng, Getasan, Semarang Jawa Tengah. Kamu bisa menuju lokasi camping menggunakan sepeda motor maupun mobil. Nanti ada parkiran yang cukup luas untuk para pengunjung. Tapi, mohon maaf, untuk menuju area camping Pinus Cunthel, pengunjung perlu berjalan mendaki bukit sejauh 1 km.

Biaya masuk ke lokasi camping cukup murah, yaitu Rp5.000 per orang. Bagi yang tidak memiliki perlengkapan kemah, pihak pengelola juga menyewakan tenda dan perlengkapan lainnya. Bahkan ada angkringan yang berjualan setiap weekend di lokasi camping. Jadi, jika perbekalanmu habis, kamu nggak perlu takut. Tinggal beli saja. Hehe.

Kelebihan-kelebihan yang membuat camping ground Pinus Cunthel menarik, di antaranya:

  • Buka 24 jam saat weekend (Jum’at, Sabtu, Minggu).
  • Area parkir luas dan mudah diakses dengan mobil maupun motor.
  • Terdapat fasilitas kamar mandi umum, sumber air bersih, arena outbound hingga gazebo.
  • Suasana camping ground nyaman, asri dan bersih.
  • Pemandangan alamnya cantik, jika cuaca cerah pengunjung bisa melihat pemandangan gunung Telomoyo, gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Tertarik untuk mencoba camping ground Pinus Cunthel? Segera masukan daftar kunjungan wisatamu di akhir pekan.

2. Jurang Jero Camping Ground, Magelang

Jurang Jero Camping Ground, Magelang

Kita lanjut ke rekomendasi camping ground berikutnya, yaitu Jurang Jero Camping Ground. Jurang Jero Camping Ground merupakan area camping yang terletak di dusun 4, Ngargomulyo, Magelang, Jawa Tengah.

Tempat camping ini termasuk salah satu wisata unggulan kota Magelang, lho. Di mana, hanya dari tempat camping Jurang Jero kamu bisa melihat pesona hutan pinus yang indah dengan latar belakang gunung Merapi yang megah.

Kamu bisa mengunjungi Jurang Jero menggunakan motor maupun mobil, karena jalan menuju tempat camping sudah baik. Harga tiket masuk untuk memasuki kawasan camping juga lumayan murah. Kamu hanya perlu membayar Rp15.000 per orang untuk sekali camping.

Fasilitas yang ada di Jurang Jero camping ground, di antaranya:

  • Obyek permainan anak.
  • Wall climbing.
  • Batu memori.
  • Terapi ikan
  • Jalur pinus.
  • Area camping ground.
  • Kamar mandi.
  • Warung warga.

Jadi, selain kamu bisa camping, kamu juga bisa berwisata di area Jurang Jero. Menarik, bukan? Yuk, agendakan camping di Jurang Jero.

3. Camp Ground Lembah Semilir Kemuning

Camp Ground Lembah Semilir Kemuning

Camping Ground Lembah Semilir Kemuning merupakan salah satu spot camping terbaik di Karanganyar. Lokasinya berada di dekat candi Ceto, tepatnya di Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar.

Secara geografis, tempat camping ini berada di kaki gunung Lawu. Jadi, bisa kamu bayangkan betapa sejuknya dan segarnya saat camping di sana.

Terlebih, area camping Kemuning masuk di area perkebunan teh yang hijau. Kamu akan bisa memanjakan mata dengan hamparan perkebunan teh yang luas dengan background kaki gunung Lawu.

Ada beberapa kelebihan camping di Lembah Semilir Kemuning, di antaranya:

  • Area camping ground luas, bisa muat untuk puluhan tenda. Jadi, cocok untuk camping dengan membawa rombongan yang banyak.
  • Ada gazebo yang berfungsi sebagai gardu pandang untuk melihat keelokan gunung Lawu saat sunrise maupun sunset.
  • Pengunjung bisa berjalan-jalan di area perkebunan teh Kemuning, Karanganyar. Di sana, spot fotonya keren-keren.
  • Bagi pencinta mobil RV, mobil kamu bisa masuk ke area camping khusus. Sehingga, kamu tidak perlu capek-capek memindahkan perlengkapan camping dari parkiran ke area camping.
  • Harga tiket masuk masih relatif murah, yaitu Rp5.000 per orang. Jam buka untuk registrasi pengunjung, yaitu: 08.00-17.00.

Terakhir, kami merekomendasikan tempat camping Lembah Semilir Kemuning, bagi orang yang suka camping secara berkelompok. Misalnya, camping keluarga, camping acara kantor hingga camping organisasi. Karena camping di tempat ini asyiknya ya saat rame-rame.

4. Camping Ground Sekipan, Karanganyar

Camping Ground Sekipan, Karanganyar

Camping ground Sekipan merupakan area camping yang berada di hutan wisata Tawangmangu. Lokasinya berada di lereng barat daya gunung Lawu.

Jika ditelusur lebih lanjut, tempat camping ini masih satu kawasan dengan bumi perkemahan Sekipan. Jadi, bagi pencinta camping yang ingin suasa camping lebih sepi di area hutan Tawangmangu, bisa memilih tempat camping Sekipan.

Camping ground Sekipan terletak di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Lokasinya nyaman asri dan sejuk. Dan banyak wahana wisata alam di sana seperti area hutan, jalur berkuda, trampolin, flying fox, hingga jembatan goyang.

Biaya tiket masuk ke kawasan camping ground Sekipan adalah Rp20.000 per orang. Biaya tersebut untuk waktu berkemah 2 hari. Jika ingin berkemah selama 3 hari, kamu harus membayar Rp25.000.

Hal yang paling menyenangkan di camping ground Sekipan adalah suasana hutan yang tenang, nyaman dan asri. Cocok untuk pencinta camping yang butuh tempat melepas penat dari hiruk pikuk metropolitan.

 Pihak pengelola Sekipan memperbolehkan pengunjung untuk membawa mobil dan sepeda motor untuk memasuki kawasan hutan. Kabar bagus nih, kalau kamu membawa rombongan besar untuk berkemah. Karena kamu tidak perlu membawa perlengkapan kemah dari parkiran umum sampai ke camping ground.

5. Camp Ground Sikunir, Wonosobo

Camp Ground Sikunir, Wonosobo

Camp Ground Sikunir, Wonosobo merupakan surganya para pencinta sunrise. Soalnya, jika kamu camping di Sikunir, kamu bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit yang cantik. Orang-orang menyebutnya, golden sunrise.

Golden sunrise merupakan fenomena matahari terbit di mana matahari memancarkan cahaya keemasan yang cantik. Hanya sebagian lokasi di Wonosobo yang bisa mendapatkan spot golden sunrise yang menawan, salah satunya Camp Ground Sikunir.

Lokasi camping Sikunir berada di Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Area camping ground Sikunir berada di ketinggian 2.306 mdpl. Alhasil, suhu udaranya cukup dingin. Beberapa orang yang ngecamp pasti membawa jaket tebal dan sleeping bag sebagai penghangat tubuh. Karena saat malam hari, suhu udara dingin sekali.

Untuk biaya masuk, kamu hanya perlu membayar Rp10.000. Menurut kami, tiket masuk ini lumayan murah. Karena di sana sudah terdapat fasilitas penunjang yang memadai, seperti musala, toilet umum, warung makan, hingga petugas keamanan.

Sedikit saran dari kami, bagi yang ingin camping di Sikunir, jangan camping di musim hujan. Karena area camping akan becek parah dan berlumpur. Dan saat musim hujan sering pemandangan kurang bagus karena tertutup kabur.

6. Mawar Camp, Ungaran

Mawar Camp, Ungaran

Camping ground terbaik di Jawa Tengah selanjutnya adalah Mawar Camp. Mawar Camp merupakan salah satu tempat camping favorit masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Lokasi Mawar Camp berada di Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Semarang. Tempatnya indah dan sejuk. Area campingnya luas dan fasilitasnya lengkap. Kamar mandi, musala, tempat parkir, warung makan, hingga rumah singgah ada. Sehingga, kamu akan nyaman camping di sana.

Selain camping, kamu juga bisa mendaki gunung Ungaran melalui jalur pendakian Mawar. Karena area camping Mawar juga satu kawasan dengan basecamp jalur Mawar gunung Ungaran.

Ada 5 kelebihan tempat camping Mawar Camp, Ungaran dari pada tempat camping lainnya.

  • Pertama, area camping luas. Kamu bisa mendirikan tenda di area camping atas maupun bawah. Pada area atas, kamu bisa memasang hammock bertingkat. Jadi, banyak spot menarik yang bisa kamu pilih di sini.
  • Kedua, pemandangannya indah. Saat pagi  kamu bisa melihat keindahan pemandangan alam di lereng gunung Ungaran. Saat siang hari kamu bisa bersantai dan bermalas-malasan di area camping yang menenangkan. Saat malam hari kamu bisa melihat gemerlap lampu kota dari area camping ground.
  • Ketiga, area camping terletak di jalur pendakian Mawar, gunung Ungaran. Selain camping, kamu bisa sekalian mendaki gunung. Karena area camping ground berada di kawasan basecamp Mawar. Dan karena jarak tempuh ke puncak Ungaran cuma 3-4 jam, kamu bisa mendaki dengan gaya TekTok.
  • Keempat, Fasilitas lengkap. Ada kamar mandi, musala, warung warga, basecamp, pos jaga hingga keamanan. Jadi, kamu dapat camping dengan nyaman.
  • Kelima, suasana di area camping sangat nyaman dan sejuk.

Tertarik untuk mencoba camping di Mawar Camp? Untuk biaya tiket masuk ke area camping, kamu wajib bayar Rp7.000. Murah, bukan? Yuk, kapan-kapan camping ke Mawar Camp.

7. Sunrise Camp Gunung Prau, Kendal

Sunrise Camp Gunung Prau, Kendal

Ingin melihat samudera di atas awan, tapi nggak mau mendaki gunung yang terlalu tinggi? Ke Sunrise Camp gunung Prau saja. Di sana, kamu dapat melihat samudera di atas awan dengan jelas dengan background pemandangan gunung Sindoro-Sumbing.

Sunrise Camp Gunung Prau merupakan salah satu maskot wisata kabupaten Kendal yang digandrungi orang dewasa. Letak Sunrise Camp berada di Wates, Purwo Sari, Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. Biaya masuk ke area camping sebesar Rp25.000. Waktu terbaik untuk camping di Sunrise Camp adalah pada bulan Agustus-September.

Mungkin kamu yang baru pertama kali mendengar Sunrise Camp sedikit bingung. Kenapa Sunrise Camp begitu popular? Ada 3 alasan kenapa Sunrise Camp popular di kalangan pencinta kegiatan alam bebas, di antaranya:

  1. Pemandangan alamnya memukau. Dengan camping di Sunrise Camp kamu akan mendapatkan paket komplit. Panorama golden sunrise, samudra di atas awan, Sindoro-Sumbing-Kembang, gemerlap bintang di langit Jawa Tengah hingga suasana gunung yang ngangenin.
  2. Area camping mudah dijangkau. Area camping Sunrise Camp Gunung Prau memang berada di atas gunung, akan tetapi, mudah untuk dijangkau oleh pendaki pemula. Lama perjalanan menuju area Sunrise Camp sekitar 2,5-3 jam perjalanan. Dengan jalur menuju Sunrise Camp tidak terlalu berat.
  3. Salah satu spot untuk melihat matahari terbit terbaik di Jawa Tengah. Bentang alam yang indah di sekitar gunung Prau menambah keelokan mentari pagi yang muncul dari titik gelap bumi. Indah sekali.

Dari ketiga alasan itulah kami merekomendasikan Sunrise Camp kepada para pencinta camping. By the way, karena area camping di atas gunung, kamu perlu bawa perlengkapan camping lang lengkap. Bawa jaket, sleeping bag, tenda dan perlengkapan penghangat lainnya. Karena suhu di sana benar-benar dingin.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *