Cara Main Game PS2 di Android
Umum

Cara Main Game PS2 di Android

Pasti kamu setuju bahwa bermain game sangatlah menyenangkan. Terkadang, main game digunakan sebagai alternatif yang paling cocok untuk menghibur diri dari kebosanan.

Terlebih lagi saat-saat seperti ini. Tidak mengherankan jika ada banyak orang yang akhirnya mencari permainan yang mereka sukai. Dan salah satu game terbaik yang bisa dimainkan saat di rumah adalah game PS2 versi Android.

Mungkin bermain game di PS versi PC membutuhkan biaya lebih dan tidak bisa dibawa kemanapun. Dengan adanya game PS2 di Android menjadikan game-gamenya menjadi paling banyak dicari sekarang ini. 

Ada banyak game PS2 Android dengan berbagai jenis genre. Mulai dari genre petualangan, aksi hingga balapan.

Nah untuk memainkan game PS2 di Android itu, sebagian kecil ada yang masih kebingungan. Akan tetapi kamu tidak perlu bingung-bingung lagi sekarang, lantaran kami telah menyediakan pembahasan mengenai langkah-langkah main game PS2 di Android.

Cara Memainkan Game PS2 dengan Emulator PPSSPP

Tidak sama dengan beberapa game Android pada umumnya seperti PUBG dan COD, game PS2 tidak tersedia di PlayStore. Malahan yang tersedia hanya emulator PS2 saja seperti PPSSPP.

Selain itu kamu juga perlu mendownloadnya melalui situs maupun website yang menyediakan link download ISO. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah cara memainkan game PS2 dengan emulator PPSSPP:

1. Siapkan Dulu Emulator

Ada banyak emulator PS2 terbaik untuk Android yang dapat digunakan, salah satu yang paling direkomendasikan adalah PPSSPP karena kamu bisa mendownloadnya pada situs yang sudah menyediakan link downloadnya ataupun melalui PlayStore.

2. Install Emulator PS2

Setelah memilih mau menggunakan Emulator PS2 Android yang mana, maka langkah berikutnya yaitu kamu dapat memasangnya di perangkat.

Kami sarankan kalian mendownload emulator PS2-nya pada PlayStore. Alasannya karena kamu tidak perlu memasang emulatornya secara manual.

Berbeda pada kamu mendownload emulatornya pada situs pihak ketiga di internet, maka kalian perlu memasangnya secara manual dan harus mengaktifkan opsi “Pemasangan Apl dari Sumber Tidak Dikenal”.

3. Cari File ISO Game PSP

Langkah selanjutnya untuk bisa memainkan game PS2 di Android adalah mencari file ISO game PSP melalui situs-situs penyedia ISO game PSP di internet. 

Salah satu situs terbaik untuk mendownload ROMs ISO PSP yaitu CoolROM. Disana terdapat ribuan game PPSSPP yang siap kamu download.

Setelah menemukan gamenya, simpan file ISO dilokasi mana ada. Terpenting masih dalam ruang penyimpanan Android kamu.

Note: Jangan lupa jika file IOS masih dalam bentuk RAR/ZIP, sebaiknya ekstrak terlebih dahulu menggunakan aplikasi WinZIP maupun Zarchiver.

4. Lalu Download & Install BIOS

Berikutnya yaitu memasang BIOS dengan cara membuka aplikasi emulator PS2. Setelah itu, kamu dapat memasukkan menu BIOS > Penyimpanan Internal > PPSSPP (kamu dapat memilih file SCPH10000.bin untuk load BIOS).

Apabila BIOS tidak ditemukan, kamu hanya perlu mendownload BIOS untuk PS2 di PPSSPP melalui internet.

5. Mainkan Game PSP lewat Emulator

Sudah semua persiapannya? Sekarang tinggal kamu menampilkan game PS2 di emulator PPSSPP ini. Caranya yaitu menjalankan emulator PPSSPP -> Games -> Browse… -> Temukan lokasi file ISO game PSP kamu -> Selesai.

Secara otomatis gamenya akan berjalan dan siap untuk kamu mainkan.


Nah, itulah tadi beberapa cara mudah untuk memainkan PS2 di Android dengan menggunakan emulator PPSSPP. Dengan ini, kamu sudah bisa bernostalgia dengan PS2 melalui Android. Sangat udah bukan?

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *