Teknologi

Cara Membuat Animasi Stop Motion Sampai Berhasil

Apakah kamu tahu, apa itu animasi stop motion? Animasi stop motion merupakan salahj satu konten video yang bisa bermanfaat untuk menarik perhatian konsumen.

Akan tetapi, kamu bisa menggunakan cara dan tips ini agar bisa membuat stop motion dengan hasil yang unik dan menarik.

Adapun animasi satu ini, lebih sering ditemukan dalam film. Meskipun begitu, ada salah satu pakar yang menyebutkan, bahwa animasi stop motion ini merupakan salah satu sumber conversion terbesar untuk marketing pada tahun 2020 silam.

Lalu seperti apa cara membuat video animasi stop motion ini dengan hasil yang menarik? Simak artikel berikut ini.

Cara Membuat Stop Motion

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat animasi stop motion seperti yang dilakukan oleh peningset.com. Berikut langkah-langkahnya.

Membuat Sketsa Video Dahulu

Adapun langkah atau cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat sketsa terlebih dahulu.

Menurut Creative Cloud Adobe, sketsa atau storyboard bisa membantu kamu dalam menyusun alur cerita dari video animasi yang akan kamu buat nanti.

Adapun storyboard yang kamu buat tidak harus sempurna. Selama alur cerita dari animasi tersebut tertata dengan rapi, maka kamu bisa membuatnya secara sederhana.

Mengumpulkan Properti yang Dibutuhkan

Setelah membuat sketsa atau storyboard, langkah selanjutnya untuk membuat animasi video stop motion adalah mengumpulkan properti yang nantinya berguna saat pembuatan animasi.

Adapun properti ini bisa berasal dari apapun yang ada di kelilingmu. Contoh seperti:

  • Kertas yang digunting dengan bentuk yang bermacam
  • Alat tulis
  • Sampai perlengkapan kantor atau rumah tangga

Selain itu, kamu bisa mengajak teman-teman kamu sebagai model dari animasi stop motion.

Apabila kamu menggunakan banyak properti, maka tata properti itu harus berdasarkan urutan scene yang akan diambil nanti. Dengan cara itu, maka akan menghemat waktu saat menata beberapa properti tersebut.

Tentukan Latar Video stop motion

Menurut Masterclass, cara selanjutnya untuk membuat video stop motion adalah menentukan latar yang tepat untuk video kamu.

Nah, untuk menjaga konsistensi saat pembuatan videa, kamu hanya perlu menangkap properti yang ada dalam set parameter frame­-mu.

Selain itu, kamu harus memastikan benar-benar, bahwa sudah menggunakan latar yang tidak bergerak. Atau kamu bisa menggunakan backdrop atau greenscreen untuk mempermudah kamu dalam mengambil gambar.

Pastikan kembali, bahwa latar yang kamu gunakan tersebut sudah tertangkap dalam kamera secara keseluruhan. Jangan sampai tepi latar yang kamu gunakan mengganggu hasil bidikan stop motion-mu.

Shoot dan Re-shoot

Adapun cara selanjutnya adalah dengan mengambil gambar yang perlu diperlukan saja.

Proses ini memang perlu waktu, dan kamu jangan khawatir jika membuat kesalahan dalam prosesnya, mengapa? Karena kesalahan yang sudah terjadi bisa menambah pesona dari video stop motion yang kamu buat.

Bahkan kamu bisa mengambil kembali atau re-shoot hasil bidikanmu yang kurang memuaskan tersebut.

Secara teori, konsep pembuatan animasi ini sangatlah mudah. Kamu hanya mengambil foto dari subjek stop motion, kemudian ubah posisi atau subjeknya, dan ulangi mengambil gambar.

Jika ingin menghasilkan animasi yang halus, kamu bisa menyesuaikan secara bertadap pada subjekmu. Gerakan yang lebih dramatis di antara foto akan menghasilkan animasi yang kamu buat menjadi lebih tajam.

Edit

Langkah terakhir dalam pembuatan animasi stop motion adalah edit hasil yang sudah kamu bidik atau ambil.

Kumpulkan semua hasil fotomu, dan susun secara rapi stop motion sesuai dengan storyboard yang sudah kamu buat.

Selain itu, kamu bisa menambahkan efek suara atau musik sesuai dengan animasi stop motion-mu agar menghasilkan animasi yang menarik.

Tips Membuat Stop Motion

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin membuat animasi stop motion, berikut tipsnya.

  1. Gunakan pencahyaan yang konsisten
  2. Pastikan kamera tetap stabil atau menggunakan tripod
  3. Hitung frame yang dibutuhkan
  4. Atur fokus dan exposure pada kamera
  5. Gerakkan objek sedikit demi sedikit

Nah, itulah cara atau langkah-langkah dan tips menarik yang bisa kamu terapkan untuk membuat stop motion. Setelah menguasi cara membuatnya, kamu bisa memulai sebagai animator stop motion.

Semoga artikel di atas bisa membuat kamu lebih berkembang lagi dalam pembuatan animasi stop motion.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *