Cara-Membuat-Video-Slowmo-di-TikTok
Teknologi

Cara Membuat Video Slowmo di TikTok

Penasaran gimana sih edit video slowmo di TikTok? Berikut tutorial membuat video slow-motion langsung di aplikasi TikTok.

Media sosial yang sedang hangat-hangatnya sekarang ini adalah TikTok. Bagaimana tidak? Pasalnya, medsos berbasis video ini sudah mendapatkan lebih dari 1,5 miliar pengguna dari seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, TikTok sangat digemari oleh kaum muda-mudi.

Hal ini tidak mengherankan lantaran TikTok dilengkapi dengan berbagai efek dan filter menarik yang bisa memenuhi kebutuhan para anak muda membuat konten yang kreatif. Dengan begitu, mereka juga bisa lebih mengekspresikan diri.

Salah satu efek unggulan di TikTok adalah efek slow motion atau yang biasa disingkat slowmo. Efek ini akan memperlambat waktu pada video yang akan membuat segala objek di dalamnya juga ikut melambat. Efek slowmo ini juga merupakan salah satu efek yang biasa ada di berbagai video-video cinematic.

Nah lantas, bagaimana cara membuat efek slowmo di TikTok? Tidak seperti cara download video TikTok tanpa watermark yang mengharuskan kamu menggunakan situs web pihak ketiga, cara membuat slow motion ini bisa kamu lakukan langsung di aplikasi TikTok itu sendiri karena ini juga merupakan salah satu fitur bawaan TikTok.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat efek slowmo di TikTok:

  1. Pertama-tama bukalah aplikasi TikTok yang sudah terpasang di HP kamu.
  2. Kemudian ketuk ikon + yang ada di bagian bawah tengah layar untuk membuat konten baru.
  3. Selanjutnya ketuk tombol bulat merah untuk merekam video baru.
  4. Setelah selesai merekam video, kamu akan diarahkan ke halaman penyuntingan.
  5. Di halaman ini, ketuk menu Effects dari beberapa menu yang tersedia di bagian bawah layar.
  6. Akan ditampilkan beberapa jenis efek, geser ke kanan sampai kamu menemukan efek Time.
  7. Berikutnya dari beberapa efek Time yang muncul, pilih Slow-mo.
  8. Atur di mana efek slowmo ini akan diterapkan pada frame video.
  9. Lalu klik tombol Save yang ada di bagian kanan atas untuk menyimpan efeknya.
  10. Klik tombol Next yang ada di bagian kanan bawah layar untuk menuju ke halaman selanjutnya.
  11. Pada halaman sekarang, kamu bisa menulis caption, hashtag, atau menandai pengguna lain pada video tadi.
  12. Klik tombol Post untuk mengunggah video slowmo tersebut ke timeline akun TikTokmu atau klik tombol Drafts untuk menyimpannya di aplikasi TikTok.

Setelah menekan tombol Post, maka video kamu akan diunggah dan sudah muncul baik di timeline maupun profile akun TikTok kamu.

Bagaimana jika kamu ingin memberikan efek slowmo pada video yang sudah direkam? Apakah bisa? Jawabannya bisa! Ya, kamu tetap bisa menambahkan efek slowmo ini pada video yang sudah ada tanpa harus merekam ulang.

Caranya juga kurang lebih sama saja seperti cara di atas, perbedaannya hanya di langkah nomor tiga. Jadi, setelah menekan tombol + selanjutnya pilih Upload. Lalu pilih video mana yang ingin kamu buat jadi slowmo. Selanjutnya, tinggal ikuti langkah-langkah seterusnya.

Sebenarnya kebanyakan smartphone modern keluaran baru juga sudah dilengkapi dengan efek slow-motion pada aplikasi kamera bawaannya. Jadi, kalau HP kamu sudah mendukung efek ini, kamu bisa membuat video slowmo langsung di aplikasi kamera, mengeditnya terlebih dulu baru setelah itu mengunggahnya di TikTok.

Jadi dengan kata lain, ada banyak cara membuat video slow motion di TikTok. Cara di atas hanyalah salah satu dan yang paling mudah dan bisa dipraktikkan oleh kamu semua para pengguna TikTok.

Begitulah cara membuat dan mengunggah video slowmo di TikTok dengan mudah. Sekarang kamu jadi bisa lebih berekspresi lagi dalam membuat video TikTok!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *