Cara Mengatasi Reels Instagram Tidak Muncul
Teknologi

Reels Instagram Tidak Muncul

Reels Instagram sudah disematkan tapi punya kalian belum ada? Berikut cara mengatasi Reels Instagram yang tidak muncul tersebut secara mudah dan lengkap.

Instagram memang sedang gencar-gencarnya memberikan fasilitas menarik terhadap penggunanya. Salah satu dari sekian fitur yang telah ditambahkan, hanya fitur Instagram Reels saja yang menjadi sorotan.

Meskipun tergolong baru, fitur Reels ini mampu bersaing dengan lawan media sosial Instagram yaitu TikTok.

Sayangnya fitur terbaru Instagram ini pada beberapa perangkat belum muncul. Hal itu mengakibatkan sebagian pengguna Instagram merasa kecewa.

Namun bagi kalian yang belum bisa menikmati fitur Instagram Reels tersebut lantaran tidak muncul, berikut kami berikan cara untuk mengatasi Instagram Reels yang belum muncul itu.

Cara Mengatasi Instagram Reels Tidak Muncul 

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi fitur Instagram Reels tidak muncul di HP:

1. Coba Perbarui Aplikasi

Dikarenakan fitur Reels Instagram ini tergolong masih baru dan tentunya beberapa pengguna masih menggunakan versi aplikasi Instagram lama, kemungkinan masalah fiturnya tidak muncul ini dikarenakan hal itu.

Solusi yang bisa kami berikan yaitu silakan perbarui dulu aplikasi IG kalian. Pembaruan ini sangat berdampak dalam memunculkan fitur Reels. Mengenai cara memperbaruinya di bawah ini:

  1. Buka Google Play Store (Android) dan AppStore (iOS)
  2. Ketikkan “Instagram” di kolom pencarian
  3. Pilih aplikasi Instagram (Umumnya ada di paling atas)
  4. Kemudian ketuk tombol “Update” untuk memulai memperbarui Instagram
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai

Jika sudah selesai, silakan buka kembali aplikasi Instagram kalian. Terus coba lihat fitur Reelsnya sudah muncul atau belum?

2. Lakukan Pembersihan Cache IG

Setiap aplikasi Instagram digunakan maka akan menghasilkan cache. Cache ini tersimpan pada penyimpanan sementara yang bernama RAM (Random Access Memory).

Lantas apa hubungannya dengan fitur terbaru Instagram? Hanya sedikit berhubungan lantaran fitur Reels tidak muncul padahal sudah diupdate diagnosis dari kami yaitu Cache menghalangi penambahan fitur di dalam aplikasi.

Nah solusinya adalah dengan menghapus cache pada aplikasi Instagramnya. Berikut langkah-langkah menghapus cachenya:

  • Masuk ke Pengaturan HP
  • Temukan menu “Manajemen Aplikasi”
  • Setelah itu cari aplikasi Instagram dan ketuk aplikasinya
  • Kemudian ketuk opsi Penggunaan Memori
  • Dilanjut dengan mengetuk opsi Hapus Cache dan terakhir klik Yes untuk mengonfirmasi penghapusan Cache aplikasi Instagram

3. Reinstall Aplikasi

Apabila kedua cara di atas belum mampu memunculkan fitur Reels, sebaiknya copot dan install kembali aplikasi Instagram kalian.

Proses ini hampir sama dengan memperbarui Instagram, namun dengan mencopot aplikasi Instagram akan menghilangkan semua history pemakaian aplikasi

Selain itu kalian juga kehilangan informasi login sehingga akun Instagram kalian akan keluar sendiri setelah mencopot aplikasinya. Jadi, harap pastikan kalian masih mengingat detail informasi login akun IG kalian (Username, Email dan Password).

Seperti yang kami kutip dari Wantek.ID mengenai langkah-langkah mencopotnya, berikut kami berikan secara lengkap:

Langkah 1: Buka menu Pengaturan HP kemudian buka menu Manajemen Aplikasi

Langkah 2: Ketuk pada aplikasi Instagram lalu pilih opsi Copot Pemasangan, tekan Yes untuk mengonfirmasi penghapusan aplikasi

Langkah 3: Jalankan toko aplikasi di HP, kemudian cari aplikasi Instagram melalui kolom pencarian yang tersedia

Langkah 4: Download aplikasi Instagram seperti pada umumnya dan tunggu hingga prosesnya selesai

Langkah 5: Ketuk tombol “Buka” untuk menjalankan aplikasi Instagram

Langkah 6: Masukkan kembali Username dan Password akun IG kalian untuk proses Login

Langkah 7: Jika sudah berhasil login, kalian pastikan bahwa fitur Reels IG sudah muncul atau belum, semoga saja sudah ada ya

4. Login Ulang Akun Instagram

Semisal cara ketiga belum juga memunculkan fitur terbaru IG, cobain cara keempat ini. Cara yang kami maksud adalah melakukan login ulang pada akun Instagram yang sudah login.

Artinya kalian harus mengeluarkan (logout) akun IG kalian terlebih dahulu, kemudian masuk (login) kembali. Dengan catatan kalian wajib menghafal username dan password akun IG ya.

Mengenai caranya sebagai berikut:

Langkah #1: Masuk ke menu Profil Instagram

Langkah #2: Ketuk menu berikon garis tiga sejajar di sudut kanan atas kemudian pilih menu Pengaturan

Langkah #3: Scroll ke bagian paling bawah, lalu ketuk menu Log Out (Username IG kalian). Setelah itu muncul popup dari bawah layar pilihlah tombol Logout berwarna biru

Langkah #4: Tunggu proses logout selesai, dan jika sudah selesai kalian hanya perlu melakukan login ulang terhadap akun yang sebelumnya kalian keluarkan tadi

5. Terakhir, Restart HP

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan jika semua cara di atas belum berhasil memunculkan fitur Reels IG adalah coba restart HP kalian.

Sayangnya cara ini belum tentu berhasil di setiap masalah yang sedang kalian hadapi. Ini hanya sebuah cara alternatif aja, barangkali dengan mencoba langkah terakhir dapat menyudahi permasalahan Reels tidak muncul.

Cara merestartnya pun cukup gampang, tinggal tekan tombol Power kemudian tahan lalu pilih opsi Restart. Setelah itu cukup biarkan HP kalian merestart dan otomatis nantinya akan langsung masuk ke tampilan lockscreen HP kalian.

Dengan semua cara mengatasi fitur Reels Instagram tidak muncul di atas, manakah yang bekerja di kalian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *