Contoh Cerpen Singkat Pendidikan yang Penuh Pesan Moral
Umum

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan

Cerpen (cerita pendek) adalah sebuah bahan bacaan yang sampai saat ini masih banyak disukai oleh semua kalangan. Pasalnya, selain menyajikan isi cerita yang menarik dan juga singkat, dengan cerpen kita juga dapat memetik sejumlah pelajaran moral yang terkandung di dalamnya.

Ada banyak tema cerita yang yang dapat kita temukan pada sebuah cerpen, salah satunya yaitu tema pendidikan. Cerpen tentang pendidikan ini sangat berguna untuk membantu anak dalam memahami sekitar. Dalam hal ini, cerpen pendidikan juga dapat dijadikan sebagai cerminan bagaimana seharusnya menjadi peserta didik yang baik dan patuh terhadap guru.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mencari bahan bacaan berupa cerpen, dalam pembahasan kali ini Admin berikan 3 contoh cerita pendek bertemakan pendidikan singkat yang bisa kamu simak pada artikel berikut.

Namun, sebelum masuk ke contoh nya, maka akan lebih baik untuk kamu perhatikan dahulu struktur yang ada pada cerpen itu sendiri.

Struktur Cerpen

Struktur cerpen adalah berbagai tahapan yang membentuk cerita pada sebuah cerita pendek. Melansir dari milenialjoss.com, struktur cerpen terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

  • Abstrak

Abstrak merupakan merupakah sebuah sketsa atau gambaran awal dari sebuah cerita.

  • Orientasi

Orientasi merupakan bagian yang menjelaskan latar cerita, seperti waktu, tempat, dan suasana yang ada dalam cerpen.

  • Komplikasi

Komplikasi merupakan urutan cerita yang terjadi di dalam cerpen.

  • Evaluasi

Evaluasi merupakan puncak konflik yang terjadi di dalam sebuah cerpen.

  • Resolusi

Resolusi merupakan bagian akhir dalam cerpen yang biasanya terdapat klarifikasi lengkap dari pengarang terkait solusi permasalahan yang dialami tokoh.

  • Koda

Koda merupakan amanat atau nilai moral yang tersemat dalam sebuah cerpen.


Itu tadi struktur yang terdapat pada cerpen, setelah selesai memahami penjelasan di atas, maka selanjutnya kamu bisa simak langsung 2 contoh cerpen singkat pendidikan di bawah ini.

Contoh Cerpen Pendidikan: Karakter Baik dan Buruk

Curang adalah hal yang akan sangat merugikan siapapun. Curang hanya dilakukan oleh orang yang tidak pernah belajar.

Berbicara tentang curang, kisahnya bisa disimak dalam cerita yang berawal dari seorang anak laki-laki bernama Anto, ia adalah murid paling bandel dan suka mencari masalah di sekolah. Hampir semua guru tidak sanggup lagi untuk memarahinya. Segala jenis hukuman telah diberikan dan Anto tetaplah tidak berubah sama sekali.

Seperti pagi ini, sebenarnya ada jadwal upacara bendera karena sekarang Hari Senin. Namun Anto yang bandel datang terlambat lagi dan pastinya kena hukuman oleh Pak Kumis, guru paling galak di sekolah. Anto pun diminta untuk berdiri di sisi lapangan sampai upacara selesai. Setelah itu, ia harus membersihkan toilet siswa laki-laki dan perempuan. Pak Kumis sebenarnya lelah menghukum murid itu.

Anto menjalani hukuman dengan rasa biasa saja. Ia tidak ada perasaan malu atau bersalah sama sekali. Hal itu terus berlanjut sampai di kemudian hari, Anto menjaili anak perempuan sampai menangis. Gara-gara itu, Anto jadi dibenci oleh satu kelas. Tidak ada yang mau berteman dengan anak nakal seperti Anto lagi, bahkan sahabatnya, Indra.

Lama kelamaan Anto akhirnya sadar bahwa semua perbuatan yang telah dilakukannya adalah sebuah kesalahan. Ia jadi tidak punya teman karena sikapnya yang nakal dan pembuat onar di sekolah. Cerpen pendidikan ini mengajarkan agar tidak berbuat jahat kepada orang lain karena hanya akan merugikan diri sendiri saja.

Contoh Cerpen Pendidikan Singkat: Menjelang Ujian Nasional

Namaku adalah Wulandari, siswi kelas XII di salah satu SMA Negeri di Jakarta. Aku biasa dipanggil wuri. Aku tinggal di Jakarta, namun aku lahir di tanah pasundan, Bandung. Sudah 10 tahun aku dan keluargaku pindah ke Ibu Kota.

Hari ini adalah hari kamis, akan diadakannya seminar alumni. Seminar ini akan di isi oleh lulusan terbaik sekolah kami, yaitu seorang mahasiswa kedokteran di salah satu universitas terbaik di Jakarta. Tujuannya adalah memberi inspirasi dan motivasi kepada anak kelas XII, sekaligus menyuarakan betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan. Aku dan teman-teman sudah tidak sabar menunggu kedatangan mereka.

Saat bel istirahat berbunyi aku bergegas menuju ruang seminar bersama temanku, Santi. Aku dan teman -temanku sudah berada didalam ruangan, kemudian kakak mahasiswa itu menuju ke arah depan dan langsung memperkenalkan diri, menyambut kehadiran mereka dengan senang hati.

Materi yang kakak mahasiswa itu berikan sangat memotivasi sekali, begitu pula mengenai pentingnya pendidikan dalam kehidupan dan masa depan. Dia juga memberi gambaran tentang generasi masa kini yang nasibnya kurang baik, karena besarnya rasa malas yang meradang.

Setelah materi selesai, di penghujung acara aku dan seluruh murid menyalami kakak tersebut dan berterima kasih padanya karena sudah membuatku semakin yakin bahwa setelah lepas dari SMA aku akan mengejar cita-citaku menjadi seorang dokter.


Itulah 2 contoh cerpen singkat tentang pendidikan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat!

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *