Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki
Umum

Desain Kamar Tidur Minimalis Anak Laki Laki

Perbedaan karakter anak laki-laki dan perempuan membuat keduanya harus mendapat perlakuan yang berbeda, khususnya dalam masalah pemberian fasilitas bermain, pakaian, dan kamar tidur.

Kamar tidur anak perempuan yang secara umum lebih dominan penggunaan warna-warna lembut yang feminine, tentu sangat bertolak belakang dengan kamar tidur anak laki-laki yang cenderung aktif.

Dengan kata lain, desain kamar tidur anak laki laki minimalis harus disesuaikan dengan karakter anak, mencakup apa yang disukai dan dilakukannya setiap hari.

Tidur dalam satu kamar dengan anak memang tidak dilarang, namun semua ada batas waktunya.

Anak diharuskan punya kamar sendiri sejalan usianya yang semakin bertambah.

Jika anak terus dibiarkan tidur dengan orang tua maka privasi orang tua dan anak masing-masing akan terganggu.

Membuat Anak Egois

Sebenarnya sesaat setelah disapih, seorang anak (terutama anak laki-laki) sudah harus punya kamar sendiri.

Dengan begitu anak akan terbiasa dengan teritori-nya sendiri sehingga ia lebih bertanggung jawab dan cenderung mandiri. Namun memberi fasilitas kamar tidur di usia dini ada resiko tersendiri.

Kadang dengan memiliki kamar sendiri membuat anak laki-laki kehilangan jiwa sosial dan cenderung tidak mau berbagi dengan orang lain dalam hal apapun. Untuk itu diperlukan peran orang tua terutama dalam memilih furniture yang diaplikasikan untuk desain kamar tidur buah hatinya.

Desain kamar tidur anak laki laki minimalis selain disesuaikan dengan sifat dan karakter anak, namun juga mengacu dari sisi usianya.

Apapun fasilitas yang ditempatkan pada kamar tidur anak laki-laki semua harus memiliki fungsi masing-masing.

Pasalnya hampir setiap hari anak lebih banyak meluangkan waktu di kamar, untuk itu rancangan desain kamar tidur anak harus sesuai kebutuhan serta perkembangan usianya.

Ukuran Kamar Anak Laki-laki

Fasilitas kamar tidur untuk anak laki-laki sebaiknya berukuran standar, artinya tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Ukuran 4 m x 4 m atau 4 m x 3 m saja sudah cukup membuat anak merasa nyaman di dalamnya. Khusus untuk kamar tidur anak laki-laki remaja atau usia sekolah kamar juga harus berfungsi untuk meeting point, dimana mereka sering berinteraksi dengan teman-teman dikamar baik untuk bermain atau membahas pelajaran sekolah.

Poin plus dari sebuah kamar tidur anak adalah dengan adanya ruang khusus untuk bermain dengan satu atau dua temannya.

Standar kualitas kamar tidur untuk anak harus memenuhi beberapa aspek penting seperti sirkulasi udara yang optimal dan pencahayaan yang cukup.

Kedua aspek ini bisa didapatkan dari sistem ventilasi silang sehingga memungkinkan cahaya dan udara yang masuk lebih dari cukup sehingga kamar tidak terlalu pengap dan lembab.

Desain kamar tidur anak laki laki minimalis sebaiknya dibatasi dengan tidak menempatkan fasilitas berlebihan di dalamnya.

Sebenarnya pemberian fasilitas seperti kamar mandi di dalam, kulkas, TV, komputer, dll sangat tidak dianjurkan, sebab seperti yang dikatakan di atas, pemberian fasilitas sempurna seperti itu justru membuat anak merasa “tercukupi” hanya dengan tinggal di kamar.

Hal tersebut membuat anak cenderung egois dan tidak bisa bersosialisasi dengan anggota keluarga lain.

Ide Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki Minimalis

Dilansir dari situs Arzitek, berikut ini kumpulan desain kamar tidur untuk anak laki-laki yang bisa Anda tiru.

Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki
Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki minimalis
Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki modern
Desain Kamar Tidur Anak Laki Laki terbaru
model Kamar Tidur Anak Laki Laki

Semoga ide desain di atas bisa membantu Anda yang saat ini sedang mendekorasi kamar anak laki-laki dengan tema minimalis.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *