Makanan Khas Bojonegoro
Umum

Makanan Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro –  Kabupaten yang terletak di antara perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daerah yang terkenal dengan kandungan minyaknya yang cukup banyak sehingga perusahaan Exon dari Amerika mendirikan tambang minyak disini.

Selain dikenal dengan minyaknya, Bojonegoro juga memiliki banyak makanan khas yang enak dan lezat. Berikut ini adalah daftar makanan khas di daerah Bojonegoro.

Sego Buwuhan

Untuk warga Bojonegoor, sego buwuhan adalah menu kuliner yang sudah tidak asing lagi. Sebab masakan yang satu ini telah menjadi menu keseharian warga setempat.

Keberadaannya pun cukup mudah untuk dijumpai, banyak sekali padagang yang menjajakan sego buwuhan di tepi jalan, sampai di rumah-rumah.

Untuk satu porsi sego buwuhan ini terdiri dari nasi putih hangat, momok tempe, sayur tewel, mie. Selain itu bisa juga sayur blonceng, telur serta dilengkapi dengan rempeyek teri atau kacang. Rasanya tentu saja sangat sangat nikmat dan juga bikin nagih.

Tidak hanya itu, Makanan khas Bojonegoro yang telah mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori hidangan terbanyak.

Pada acara Pagelaran Bojonegoro Thengul International Folklore Festival 2019 (TIFF) pada bulan Juli yang disajikan 26.600 ribu lebih sego buwuhan.

Ledre

Ledre merupakan salah satu makanan khas Bojonegoro yang sangat popular. Tidak hanya terkenal, makanan yang satu ini biasa dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan yang akan berkunjung ke daerah Bojonegoro.

Selain dengan rasanya yang enak dan gurih, makanan ledre juga memiliki rasa yang manis. Bahkan untuk membuat ledre ini sangat mudah didapatkan yakni tepung terigu, tepung beras, gula dan pisang raja yang telah menjadi sumber aroma dari ledre tersebut.

Walaupun bahan-bahan yang dipakai cukup sederhana, namun untuk rasa tidak perlu dikhawatirkan lagi dan sangat lezat.

Gethuk Lindri

Gethuk adalah nama jajanan yang sudah tidak asing di telinga sebagian besar orang Indonesia. Sebab sudah menjadi makanan tradisional khas negara kita ini.

Gethuk juga sudah mejadi makanan khas Bojonegoro, sebab keberadaannya yang sudah cukup lama dan kepopulerannya di Kabupaten Bojenegoro.

Gethuk yang berbahan utama singkong. Selain itu nama lain dari makanan ini dikenal dengan gethuk lindri.

Untuk rasanya yang manis dan dilengkapi dengan parutan kelapa menjadikan makanan ini sangat nikmat. Cocok sekali disajikan dengan kopi atau disantap secara langsung.

Kue Putu

Kue putu memang banyak juga dan telah disajikan di daerah lain. Namun ternyata untuk daerah Bojonegoro, juga banyak penjual kue putu di sini, namun putu dijadikan sebagai makanan khas Bojonegoro.

Bentuk dan rasa kue putu di Bojonegoro hampir sama dengan daerah lainnya. Kue putu terbuat dari tepung beras yang telah dicampur dengan gula jawa dan parutan kelapa.

Bentuk dari cetakannya pun sama, di cetak pada cetakan yang terbuat dari bamboo yang telah dipotong kecil dan dilubangi. Putu ini sangat nikmat disantap selagi hangat.

Nasi Flambe

Ketika Anda berkunjung ke daerah Bojonegoro, wajib sekali untuk mencoba makanan nasi flambe ini. Nasi putih hangat yang telah disajikan dengan udang goring, telur orak-arik, ayam suwir yang akan memanjakan lidahmu.

Kenikmatan dari kuliner ini sangat mantab jika ditambah dengan sambal terasi yang rasanya menggugah selera.

Walaupun dari segi tampilannya sederhana namun rasa dari nasi flambel ini akan membuat Anda semakin ketagigan. Untuk harga satu porsi kuliner ini cukup terjangkau dan dijamin tidak akan menguras dompet Anda.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan khas Bojonegoro. Untuk Anda yang ingin mencoba makanan khas Bojonegoro bisa berkunjung ke daerah Bojonegoro atau datang saya ke catering Bojonegoro kami.

Terimakasih semoga dengan adanya artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *