Umum

Pengertian Branding

Simak artikel mengenai pengertian branding. Mulai dari unsur, jenis-jenis, fungsi, dan manfaatnya.

Dalam menjalankan sebuah bisnis pastinya membutuhkan yang namanya marketing, yang tujuannya untuk memasarkan produk yang dipasarkan. Tentunya juga perusahaan membutuhkan branding agar produk yang dijual dapat melekat kepada konsumen.

Brand sendiri bukan hanya tentang merek produk melainkan termasuk bagian image perusahaan menurut pandangan orang lain/konsumen. Oleh karena itu, membangun sebuah brand sangatlah penting. 

Untuk memahami lebih lanjut, langsung saja simak artikel tentang apa itu branding, berikut ini.

Pengertian Branding

Apa itu Branding? Kata branding sendiri berasal dari kata “brand”, yang bila diartikan yaitu merek. Dalam penggunaannya, kata brand dan branding ini dimaknakan yang berbeda-beda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kata brand yaitu merek, sedangkan branding yaitu prosesnya.

Jadi, pengertian branding merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang mana tujuannya untuk membangun dan membesarkan sebuah brand ataupun merek yang dibuat.

Dengan seiringnya zaman, pemberian sebuah brand ataupun merek sudah dapat dipublikasikan melalui sebuah website yang lebih memudahkan orang mengetahui brand yang kamu miliki. Contohnya saja nama toko online seperti Shopee, Lazada, Blibli yang sudah banyak dikenal orang karena pemberian nama yang simple dan mudah diingat.

Pengertian Branding Menurut Para Ahli

Menurut Wikipedia

Pengertian branding merupakan suatu proses penciptaan dan peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak untuk kehidupan konsumen tersebut.

Menurut Philip Kotler

Pengertian branding merupakan sebuah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan dan kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa maupun kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang /jasa pesaing.

Menurut Benny Landa

Pengertian branding menurut beliau yaitu tidak hanya sekedar memberikan nama merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan. Akan tetapi, semuanya yang berhubungan dengan hal-hal yang kasat mata dari sebuah merek yakni mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Unsur-Unsur Penting Dalam Branding

1. Nama Merek

Menurut BizBox.id, Bahwa hal pertama yang dilakukan untuk melakukan branding yaitu memberi Nama. Karena, tanpa adanya sebuah nama, maka sebuah produk tidak akan memiliki identitas yang akan memudahkannya untuk dikenali banyak orang.

Pemberian nama perusahaan/toko juga sangat berpengaruh untuk bisa dikenal banyak orang. Kamu dapat mencari inspirasi dan referensi dari berbagai website mengenai nama toko online yang bisa kamu gunakan untuk nama brand ataupun nama perusahaanmu.

2. Logo

Logo merupakan sebuah tampilan visual yang diaplikasikan pada desain produk yang kamu buat. Dengan memiliki logo brand yang kamu buat akan mudah diingat banyak orang. Yang harus diperhatikan diperhatikan dalam pembuatan logo yakni, perhatikanlah faktor keunikan dan imej yang sesuai dengan brand.

Logo yang menarik akan meninggalkan kesan yang cepat terlupakan bagi konsumen. Jadi, menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk.

3. Kata-kata yang mudah diingat / Slogan

Slogan merupakan kalimat/kata yang mudah diingat banyak orang dan memiliki kesan yang mendalam didalamnya. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat serta memiliki pembeda dari brand yang lain.

4. Memiliki Situs web

Membuat situs web juga merupakan langkah branding yang banyak dilakukan di zaman sekarang. Situs web yang kamu buat merupakan sebuah aset digital brand kamu. Website yang dibuat sendiri harus menarik secara visual, mudah digunakan, dan yang paling penting adalah menjelaskan siapa Anda sebagai brand.

Jenis-Jenis Branding

1. Product Branding

Product Branding merupakan jenis branding yang paling umum digunakan. Anda pasti melihatnya dimana-mana. Mulai dari website dan media sosial, hingga TV, koran, billboard, dan neon box atau papan nama.

Tujuan dari produk branding ini yaitu untuk mempromosikan produk yang baru dikeluarkan ataupun untuk meningkatkan penjualan produk lama. Biasanya yang ditampilkan ialah fitur-fitur produk, harga produk, variasi produk dan lain sebagainya.

Nah, sebagai tambahan jika Anda ingin membranding tempat kantor atau tempat usaha di wilayah Surabaya dan sekitarnya, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan neon box surabaya di kami.

2. Personal Branding

Personal Branding merupakan sebuah alat pemasaran yang digunakan untuk mengangkat nama seorang publik figur, contohnya politisi, musisi, selebriti dan lain sebagainya. Dengan menggunakan personal branding publik figur tersebut mendapat citra yang baik di mata masyarakat.

3. Corporate Branding

Corporate Branding merupakan jenis branding yang tujuannya untuk mempromosikan sebuah perusahaan. Promosi yang biasa ditampilkan yaitu nilai-nilai perusahaan, etos kerjanya, sejarah perusahaan & visi-misi perusahaan. Yang nantinya akan membuat konsumen bisa mengenal perusahaan lebih dalam.

4. Geographical Branding

Geographical Branding merupakan salah satu jenis branding yang mana lebih mementingkan keindahan, keunggulan & keunikan di suatu wilayah. Biasanya juga dengan menggunakan jenis branding ini digunakan oleh organisasi/perusahaan yang berkenaan dengan bidang pariwisata.

5. Co-Branding

Co-Branding merupakan jenis branding yang dilakukan bersama-sama oleh dua brand ataupun lebih. Tujuan dengan adanya ini yaitu untuk menarik minat dari seluruh bisnis yang terlibat. Sehingga jangkauan konsumennya akan lebih banyak. Salah satu contoh yang biasa co branding adalah produk yang dihasilkan secara bersama-sama.

Fungsi & Tujuan Branding

  1. Sebagai Pembeda
  2. Sebagai Promosi & Daya Tarik
  3. Membangun Citra Perusahaan
  4. Alat Pengendali Pasar
  5. Untuk Mempengaruhi Psikologi Konsumen

Manfaat Branding Untuk Kemajuan Bisnis

  1. Merek Produk lebih mudah terkenal
  2. Dapat Meningkatkan posisi bisnis Anda di Industri
  3. Kepercayaan terhadap merek Anda akan meningkat
  4. Mendukung pemasaran merek itu sendiri

Itulah pembahasan singkat tentang pengertian branding dan kenapa hal tersebut sangat penting untuk bisnis Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *