Perlengkapan Permainan Softball
Umum

Mengenal Berbagai Perlengkapan Permainan Softball

Permainan softball saat ini saat ini sudah mulai berkembang di Indonesia. Banyak orang-orang yang mulai tertarik untuk bermain permainan bola kecil ini. Namun sebelum bermain, ada baiknya Anda mengetahui apa saja perlengkapan permainan softball.

Mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan saat bermain softball merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Jika sudah mengetahui, maka Anda bisa mempersiapkan peralatan tersebut agar permainan berjalan dengan efektif dan lancar.

Perlengkapan Permainan Softball yang Harus Diketahui

Perlengkapan softball merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan. Perlengkapan tersebut akan menunjang permainan softball.

Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum bermain softball antara lain adalah:

1. Lapangan

Lapangan merupakan hal yang wajib dipersiapkan untuk permainan softball. Tanpa adanya lapangan, Anda tidak akan bisa melakukan permainan softball bersama teman mengingat jumlah pemain softball cukup banyak.

Ada beberapa aturan mengenai bagaimana bentuk lapangan yang akan digunakan dalam permainan softball.

Aturan tersebut antara lain adalah:

  • Ukuran lapangan yang digunakan untuk bermain softball haruslah memiliki ukuran panjang sebesar 18,29 meter hingga 19,18 meter.
  • Kemudian, lapangan harus memiliki home base, tempat pelempar bola, base sebanyak 3 buah dan tempat pelambung bola.
  • Antara home base dan tempat pelempar bola haruslah memiliki jarak sejauh 13,07 meter.
  • Base dibuat menjadi tiga yaitu base 1, base 2, dan base 3. Bentuk yang dimiliki base tersebut adalah bentuk bantal yang memiliki ketebalan 5 hingga 12,5 cm, sedangkan panjangnya memiliki ukuran sebesar 38 x 38 cm.
  • Adapun ukuran tempat pelambung bola adalah 50 x 15 cm.

2. Home Plate

Karena softball terkenal sebagai permainan memukul bola, maka Anda harus mempersiapkan sebuah tempat untuk memukul bola. Tempat tersebut dikenal dengan istilah home plate. Biasanya, home plate ini memiliki bentuk segi lima dan terbuat dari bahan karet.

3. Tempat Hinggap (Base)

Permainan softball juga identik dengan tempat hinggap yang lebih dikenal dengan base. Jumlah base yang dibutuhkan dalam permainan softball adalah 3 buah base. Masing-masing terbuat dari bahan karet dan dibuat dalam bentuk persegi empat.

4. Bola

Jenis bola yang digunakan dalam permainan softball adalah bola kecil. Bola tersebut terbuat dari bahan kulit. Namun untuk bagian dalam bola biasanya terbuat dari bahan karet ataupun campuran gabus.

5. Pemukul

Selain bola, softball juga membutuhkan pemukul agar bisa dimainkan. Pemukul bola biasanya berbentuk stik yang memiliki bobot tidak terlalu berat sehingga mudah diayunkan. Adapun bahan yang digunakan sebagai pemukul ini bisa kayu, plastik ataupun bahan lainnya yang memiliki bobot ringan.

6. Sarung Tangan

Sarung tangan juga tak kalah penting dalam perlengkapan permainan softball. Biasanya sarung tangan untuk permainan softball ini terbuat dari bahan kulit. Terdapat tiga jenis sarung tangan yang digunakan dalam permainan softball. diantaranya:

  • Catcher glove, merupakan sarung tangan yang digunakan oleh pemain catcher.
  • First base mills, merupakan sarung tangan yang digunakan oleh penjaga yang berada di base pertama.
  • Finger glove, biasanya sarung tangan ini digunakan oleh semua pemain yang berada di lapangan.

7. Pakaian

Pakaian juga harus diperhatikan sebelum bermain softball. Pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sepatu pada saat bermain softball. Khusus catcher terdapat pakaian pelindung tambahan seperti pelindung badan dan masker pelindung.

Penutup

Selain memahami peraturan permainan, Anda juga wajib mempersiapkan perlengkapan permainan softball sebelum permainan dimulai. Perlengkapan tersebutlah yang akan digunakan selama pertandingan, jadi jangan sampai tidak dipersiapkan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *