Destinasi-Wisata-Terpopuler-di-Jawa-Tengah
Umum

7 Destinasi Wisata Terpopuler di Jawa Tengah

Mau ke mana kamu saat liburan? Mau ke gunung, pantai, atau wisata perkotaan? Semua jenis wisata ada di Jawa Tengah. Kombinasi antara budaya, lanskap, dan rekreasi buatan membuat Jawa Tengah menjadi begitu penuh warna. Lagi pula, jarak antar kota di Jawa Tengah tidak memakan banyak waktu tempuh. Jadi, provinsi ini sangat cocok untuk liburan pendek. Tidak sabar berlibur? Berikut 7 destinasi wisata terpopuler di Jawa Tengah:

1. Dieng Plateau

(sumber: instagram.com/wonosoboinsta/)
LokasiBakal Buntu, Bakal, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Bervariasi, mulai dari Rp5.000-Rp25.000, tergantung zona wisata yang dimasuki.
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataCandi, telaga, puncak bukit, DIeng Culture Festival
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi saat sunrise atau saat sunset

Nama Dataran Tinggi Dieng mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu.

Layaknya, Ciwidey atau Ketep, dataran tinggi Dieng disukai karena cuaca yang sejuk udara yang mendukung ini membuat aktivitas wisata terasa lebih menenangkan. Terlebih lagi, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Dieng begitu ramah dan bersahabat.

Memangnya apa saja yang bisa kamu lakukan selama di Dieng?

Kebanyakan wisata yang ada di Dieng adalah wisata alam, misalnya seperti Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan juga Telaga Merdada.

Di tempat-tempat itu kamu bisa melihat hamparan pemandangan perbukitan dan gunung yang indah. Kamu juga dapat memaksimalkan pengalaman berwisata dengan melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, seperti berkemah di puncak Sikunir, atau mendayung perahu di Telaga Merdada.

Pada saat matahari terbit Puncak Sikunir terlihat sangat cantik, bersinar bak emas murni.

Hal lain yang bisa kamu lakukan di Dieng adalah melihat aktivitas panen kentang pada musim-musim tertentu, atau menyambangi Dieng Culture Festival! Ya, inilah atraksi paling diminati anak muda.

Dieng Culture Festival menghadirkan berbagai penampilan menarik. Salah satu yang menjadi magnet bagi anak-anak muda di berbagai tempat adalah jazz di atas awan.

Konsep acara ini adalah menghadirkan para musisi jazz untuk bernyanyi, menghibur para pengunjung. Mendengarkan musik jazz di tengah udara yang sejuk dengan pemandangan pegunungan yang cantik, serasa seperti di surga. Terlebih kamu juga bisa melakukannya sembari ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

Liburan di Dieng cocok untuk siapa saja, termasuk jika kamu membawa anak. Ada begitu banyak penginapan ramah anak  dengan harga yang terjangkau. Namun, kamu memang harus sedikit berhati-hati pada saat melakukan perjalanan menuju ke sana. Beberapa jalan sangat berkelok-kelok sehingga membuatmu rentan merasa mual.

Saat pulang, jangan lupa untuk membawa pulang berbagai buah tangan. Makanan khas Dieng yang bisa kamu bawa pulang misalnya seperti kentang dan juga manisan carica (pepaya).

2. Candi Borobudur

(sumber: instagram.com/widyariandita/)
LokasiJl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-15.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataCandi, pusat oleh-oleh, warung makan, relief, stupa
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi hari atau siang hari

Siapa yang tidak kenal dengan Borobudur? Rasanya ketika membicarakan mengenai liburan di Jogja, pastilah tempat ini selalu senantiasa disebut. Namun, sebetulnya Borobudur tidak terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, lho. Letaknya justru di Magelang –yang notabene masuk ke dalam provinsi Jawa Tengah–.  Meskipun begitu, dari Yogyakarta jarak candi memang tidak jauh.

Sejak berdekade-berdekade lamanya, Candi Borobudur memang selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk keluarga. Di sana, kamu bisa melihat candi dengan 7 tingkat yang dan reliefnya yang begitu cantik.

Candi Borobudur memang merupakan candi yang istimewa. Keistimewaan ini terlihat dari 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha yang menutupi dinding candi.

Namun, bukan hanya sisi estetika saja yang ditonjolkan dari candi yang satu ini. Candi Borobudur bukan sekadar tempat untuk plesiran saja, tetapi juga menjadi tempat ziarah Budha yang sarat akan makna filosofis. Struktur Candi Borobudur sendiri melambangkan roda kehidupan:

  • Kamadhatu: Bagian bawah candi yang menggambarkan manusia yang masih terikat nafsu duniawi.
  • Rupadhatu: Bagian tengah candi yang merupakan implementasi dari para manusia yang sudah mulai meninggalkan keinginannya, tetapi beberapa hal dari dirinya masih terikat pada dunia nyata
  • Arupadhatu: gambaran dari manusia yang sudah melepaskan keduniawiannya.

Pada saat Hari Waisak Candi Borobudur juga ramai akan wisatawan. Salah satu daya tariknya adalah lampion -lampion yang diterbangkan ke atas. Pemandangan ini begitu menawan. Lampion-lampion tersebut seolah kontras dengan langit malam yang berwarna hitam.

Di sekitar Candi Borobudur, para penduduk  lokal membuka warung makan dan kios oleh-oleh. Jadi, kamu tidak perlu bingung pada saat harus mencari makanan atau mencari buah tangan untuk diberikan kepada teman dan keluarga.

3. Owabong

(sumber: instagram.com/instapurbalingga)
LokasiJl. Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kec. Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 08.00-15.00 WIB Sabtu-Minggu, 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00 untuk hari biasa Rp35.000,00 untuk hari libur
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataRekreasi air, tempat makan, wahana zipline coaster, flying fox, dan sebagainya.
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi hari

Mencari taman rekreasi air di Jawa Tengah? Salah satu yang terkenal adalah Owabong, sebuah waterpark yang terletak di Purbalingga.

Apa hal yang membuat Owabong menjadi istimewa?

Owabong atau Objek Wisata Air Bojongsari, berdiri di atas lahan seluas 4,8 hektar. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, termasuk untuk akhir minggu. Apalagi, anak di bawah 3 tahun tidak perlu membayar tiket alias gratis.

Ada begitu banyak wahana yang disediakan oleh Owabong. Salah satu yang paling diincar adalah waterboom.

Waterboom merupakan seluncuran raksasa yang ketinggiannya mencapai 40 kaki. Adrenalin pengunjung pun akan terpacu pada saat masuk ke dalam wahana ini. Apalagi, konsep perosotannya seperti spiral yang betul-betul membuat jantung berdebar.

Selain waterboom, ada pula kolam segara atau kolam yang mirip dengan pantai. Di kolam ini, kamu juga bisa merasakan sensasi ombak yang sangat seru, lho. Nah, untuk kamu yang ingin bersantai, Owabong juga menyediakan kolam arus. Di kolam ini ,kamu hanya perlu tidur di atas ban besar kemudian mengikuti ke mana arus membawamu.

Owabong juga kerap dijadikan sebagai destinasi untuk outbound karena ada beberapa wahana khusus outbound seperti Zipline Coaster alias flying fox, gokart, teater empat dimensi, dan juga panjat tebing.

Sehari saja mungkin terasa kurang di Owabong. Apakah kamu penasaran dengan keseruannya? Segera datang ke sana dan jangan lupa untuk ajak keluarga serta teman-teman tersayang.

4. Pantai Karang Jahe

(sumber: instagram.com/orangrembang/)
LokasiPunjulharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Selasa, Kamis-Jumat, Minggu: 08.00-15.00 WIB Rabu: 08.00-15.09 WIB Sabtu: 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Harga tiket masuk Gratis Parkir motor: Rp5.000,00 Parkir mobil: Rp10.000,00 Parkir Elf: Rp15.000,00 Parkir bus sedang: Rp25.000,00 Parkir bus besar: Rp50.000,00
Obyek wisata menarik disekitar area wisataATV, warung makan, tempat outbound, kolam renang
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi dan sore hari menjelang matahari terbenam

Kalau sedang ke Rembang, tentunya wajib buat datang ke Pantai Karang Jahe. Tahukah kamu mengapa ia dinamai Karang Jahe? Hal itu terjadi karena adanya karang-karang di pantai yang berbentuk seperti jahe.

Pantai Karang Jahe merupakan maskot dari destinasi wisata pantai Rembang. Hal ini karena Pantai Karang Jahe memiliki pemandangan yang memesona sehingga menjadi pantai terfavorit para wisatawan. Kecantikan ini terpancar dari pasir yang berwarna putih,  air laut yang bersih dan juga taman-taman yang mengitarinya.

Pantai yang terletak di Punjulharjo ini juga menyediakan beberapa wahana sederhana. Antara lain, seperti pelampung, naik perahu, kolam renang, dan juga ATV.

Tak jauh dari sana, terdapat banyak warung makan. Warung-warung ini menjual sajian sederhana seperti ayam, lele, kerang, yang akan membuat perutmu nyaman setelah seharian berenang.

5. Lokawisata Baturraden

(sumber: instagram.com/patton_ony/)
LokasiLokawisata, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat: 07.00-15.30 WIB Sabtu-Minggu: 07.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00 (hari biasa) Rp25.000,00 (hari libur)
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataAir terjun, kebun raya, taman miniatur dunia, hutan petualangan, pancuran.
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi dan menjelang sore

Tahukah kamu sejarah dari tempat ini? Nama Baturraden diambil dari kata Batur dan Raden. Kabarnya, dulu tempat ini merupakan saksi cinta antara seorang batur atau pelayan dengan seorang raden atau putri raja. Perbedaan kasta membuat cinta keduanya sulit bersatu. Pada akhirnya, mereka berdua bunuh diri di tempat yang kini dinamai Baturraden.

Kendati sejarahnya tragis, tetapi tidak dengan bentang alamnya. Baturaden terkenal dengan berbagai wisata alam yang elok dan juga segar. Ya, Baturaden sendiri terdiri atas beberapa destinasi wisata yang terletak dalam satu area besar. Nah, di mana saja sih tempat di Baturaden yang menjadi favorit para wisatawan? Ini dia:

  • Curug Telu.
  • Curug Bidadari.
  • Kebun Raya Baturraden.
  • Taman Miniatur Dunia.
  • Baturaden Adventure Forest.
  • Pancuran Pitu dan Pancuran Telu.

Mengingat Baturaden dikelilingi oleh curug-curug dan telaga, menginap di Baturaden bisa menjadi opsi yang menyenangkan. Bisa dibayangkan betapa menyegarkannya tidur di penginapan yang nyaman, berteman udara sejuk dan suara air terjun. Saat bangun pagi, kamu pun akan disambut dengan langit yang bersih dan pemandangan yang alami.

Jadi, kalau berkesempatan ke daerah Banyumas, jangan lupa untuk pergi ke Baturaden. Ini adalah tempat wisata di Jawa Tengah yang cocok untuk me-restart dan refresh pikiranmu.

6. Objek Wisata Guci

(sumber: instagram.com/faazafimajavia/)
LokasiJl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-20.00 WIB, kecuali Jumat (tutup)
Harga tiket masuk (HTM)Variatif: -Guci Waterboom, Rp40.000,00 -Baron Hill, Rp15.000,00 dsb.
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataBaron Hill, Waterboom, pancuran dan pemandian air panas, penginapan
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataPagi dan sore hari

Apa yang ditawarkan oleh Objek Wisata Guci? Ayo cari tahu di sini!

Guci sendiri tidak merujuk pada benda dari tanah liat, melainkan nama dari sebuah desa. Nah, objek wisata Guci sendiri terintegrasi dalam satu desa di kaki Gunung Slamet. Jadi, udaranya sangat sejuk.

Kontras dengan suhu yang tinggi, di sana terdapat beberapa pemandian air panas. Sumber airnya pun langsung dari Gunung Slamet. Pancuran-pancuran air panas ini adalah penyelamat dari dinginnya cuaca serta dipercaya dapat menjadi obat berbagai penyakit. Contohnya, seperti pegal-pegal, pusing, hingga rematik.

Masih di dalam Objek Wisata Desa Guci, kamu dapat menemukan berbagai macam area rekreasi. Contohnya, seperti perkebunan, Baron Hill, jembatan kaca, area camping, outbound, naik kuda, dan masih banyak lagi. Harga tiket yang dibanderol untuk setiap jenis wisata juga berbeda-beda.

Untuk pergi ke Desa Guci, kamu hanya perlu naik kereta ke Tegal. Kemudian, dari Alun-Alun Tegal, naik kendaraan sejauh 43 km dan kamu akan sampai ke Desa Wisata Guci. Sebelum pergi ke sana, siapkan banyak baju hangat, baju ganti, dan juga obat-obatan. Terutama, jika kamu memiliki gangguan pernapasan seperti asma.

7. Taman Balekambang

(sumber: instagram.com/skyscrapercitysolo/)
LokasiJl. Balekambang No.1, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Obyek wisata menarik di sekitar area wisataKolam keceh, taman rusa, perahu
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisataSore hari

Taman Balekambang adalah salah satu taman kebanggaan warga Surakarta. Taman ini memang multifungsi. Ia kerap dijadikan sebagai tempat pre-wedding, lokasi resepsi, dan tentu saja destinasi wisata.

Memangnya, apa yang menarik dari Taman Balekambang?

Balekambang dibangun di atas lahan seluas 9,8 hektar. Ditumbuhi rerumputan dan pepohonan hijau, Balekambang adalah salah satu paru-paru kota yang cantik. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di Balekambang, beberapa di antaranya adalah:

  • Duduk-duduk sambil mengobrol.
  • Jajan.
  • Melihat rusa-rusa dan memberi mereka makan.
  • Berjalan-jalan.
  • Berolahraga.
  • Naik perahu di danau buatan.
  • Main di kolam keceh.

Keindahan Taman Balekambang membuatnya menjadi salah satu ikon dari kota Surakarta. Membawa anak-anak atau keluarga besar ke Balekambang tentunya adalah opsi yang menarik. Terlebih lagi, biaya masuk ke taman gratis.

Jawa Tengah adalah pintu bagi banyaknya kemungkinan wisata yang menarik. Di Jawa Tengah, kamu bisa menemukan pantai yang indah, gunung yang cantik, peninggalan kebudayaan, sampai masyarakat lokal unik! Setiap kota di Jawa Tengah juga terhubung dengan jalan-jalan dan transportasi umum yang layak. Sehingga, begitu mudah bagimu menyambangi tempat-tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Jika kamu punya waktu untuk liburan panjang, ayo segera jelajahi provinsi ini!

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *