Umum

Ide Kerajinan dari Botol Kaca yang Unik dan Menarik

Punya banyak botol kaca di rumah yang berserakan dan bingung mau diapain? Gampang, simak beberapa ide kerajinan dari botol kaca yang unik dan menarik, berikut ini.

Berbagai kreasi dari barang bekas memang bukan hal baru lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah kerajinan dari botol kaca bekas yang diubah menjadi berbagai macam barang yang unik dan menarik, serta fungsional.

Tidak hanya untuk kepentingan pribadi saja, beberapa kerajinan yang terbuat dari botol kaca bekas ini bahkan sudah banyak diperjualbelikan sebagai karya seni dengan nilai estetika yang tinggi. Untuk mengetahui model-model kerajinan botol kaca, mari simak ulasan kerajinan botol kaca yang kami kutip dari situs sipintar, berikut ini.

5 Kerajinan dari Botol Kaca yang Unik dan Menarik

1. Vas Bunga

Salah satu bentuk kreasi dari pemanfaatan bahan botol kaca bekas adalah vas bunga. Vas bunga dari botol kaca ini biasa digunakan untuk menyimpan bunga yang masih segar atau bunga kering agar terlihat makin estetik.

Cara membuat kerajinan bahan keras satu ini juga cukup mudah dan praktis yaitu cukup menyiapkan botol kaca bekas yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dan estetik, sebaiknya gunakan botol kaca bekas yang bening transparan.

Tambahkan juga beberapa pernak-pernik atau dekorasi unik agar vas bunga dari botol kaca bekas ini terlihat lebih menarik. Untuk menyimpan bunga yang masih hidup, pastikan untuk menambahkan air bersih secukupnya agar bunga tidak cepat layu dan bisa bertahan lebih lama.

2. Candle Holder

Botol kaca bekas bisa didaur ulang dan dikreasikan menjadi candle holder atau tempat lilin yang cantik. Cara membuat kerajinan satu ini juga cukup mudah yaitu cukup siapkan botol kaca dengan lebar mulut botol yang sesuai dengan diameter lilin.

Agar tampilan candle holder dari botol kaca bekas ini semakin menarik, tambahkan beberapa hiasan dan dekorasi seperti pipa, tali rami, manik-manik, dan pernak-pernik lainnya.

3. Lonceng Angin

Kreasi lainnya dari pemanfaatan botol kaca bekas yaitu lonceng angin. Jika biasanya lonceng angin terbuat dari kayu atau bambu, maka lonceng angin dari botol kaca bekas bisa menjadi kreasi yang cantik dan unik.

Cara membuat lonceng angin dari botol kaca juga relatif mudah. Selain botol kaca, bahan-bahan lain yang harus disiapkan adalah tali rantai untuk gantungan, pita atau tali rami untuk hiasan, dan kertas potongan kayu untuk bandul lonceng.

4. Lampu Gantung

Lampu gantung dari botol kaca bekas juga menjadi salah satu kreasi kerajinan yang banyak diminati karena memiliki nilai estetika yang tinggi. Ada berbagai macam bentuk kreasi lampu gantung yang cocok untuk dekorasi interior ruangan seperti ruang makan dan ruang tamu.

Cara membuat kerajinan lampu gantung dari botol kaca bekas juga cukup simpel. Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa botol kaca dengan bentuk yang unik sesuai selera, kemudian bersihkan. Setelah itu, masukkan instalasi lampu dan susun sesuai bentuk atau model yang diinginkan.

5. Lampu Meja Dekoratif

Tidak hanya bagus untuk lampu gantung saja, botol kaca bekas juga bagus untuk dijadikan sebagai lampu meja dekoratif yang cantik. Dengan mengandalkan kreativitas dan daya imajinasi yang hebat, botol-botol kaca bekas ini bisa disulap menjadi armature atau badan lampu meja.

Selain mampu menghadirkan kesan unik dan estetik pada ruangan, pemanfaatan botol kaca bekas untuk dijadikan sebagai lampu meja adalah cara menghemat biaya yang efektif. Dibandingkan harus membeli lampu meja yang mahal, kreasi dari botol kaca bekas ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


Beberapa ide kreasi kerajinan dari botol kaca di atas bisa menjadi referensi dan inspirasi untuk memanfaatkan barang-barang bekas. Ide kerajinan ini tidak hanya membantu mengurangi sampah saja, namun berguna juga untuk mengubah barang bekas menjadi barang bernilai jual tinggi.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *